Menghitung Angka dalam Bahasa Mandarin

Dalam kebudayaan Cina, terdapat kepercayaan terhadap angka. Ada angka yang dipercaya akan membawa keberuntungan ataupun kesialan. Contohnya angka 8 (bā) dipercaya sebagai nomor keberuntungan karena bunyinya mirip dengan kata (fā) yang berarti keberuntungan. Inilah salah satu alasan Olimpiade di Beijing yang lalu dilaksanakan pada 8 Agustus 2008 (8/8/08). Banyak orang Cina yang menginginkan 8 sebagai nomor plat kendaraan maupun nomor telepon mereka.

Ada juga yang mempercayai angka 4 ( sì) sebagai angka sial,  karena bunyinya yang sama dengan kata (sǐ) yang berarti mati. Kepercayaan terhadap angka 4 sebagai angka sial ini diwujudkan dalam berbagai cara, misalnya beberapa gedung pencakar langit tidak memiliki lantai 4.

Selain itu, angka-angka dalam bahasa Cina juga dapat dijadikan kalimat sesuai dengan kemiripan bunyinya, misalnya angka 5 (wǔ) mirip dengan kata saya (wǒ), angka 2 (èr) memiliki kesamaan nada dengan kata cinta (愛ài) dan angka 0 (líng) sebagai simbol kata kamu (nǐ). Jadi, untuk kata Aku Cinta Kamu  (我愛你 wǒ ài nǐ ) dalam bahasa Cina dapat direpresentasikan dengan angka 520 (五二零 wǔ èr líng)

Kosa Kata :

: 0

líng

: 1

: 2

èr

: 3

sān

: 4

: 5

: 6

liù

: 7

: 8

: 9

jiǔ

: 10

shí

: Ratusan

bǎi

: Ribuan

qiān

Belasan

Angka belasan adalah 10 (shí ) + satuan

Contoh:

11 十一 — shíyī = 10 (shí ) + 1 (yī)

12 ­– 十二— shíèr = 10 (shí ) + 2 (èr)

13 ­– 十三 — shísān = 10 (shí ) + 3 ( sān)

Puluhan

Angka puluhan adalah satuan + 10 (shí ) + satuan

Contoh:

20 二十 — èrshí = 2 (èr) + 10 (shí )

50 五十 — wǔshí = 5 (wǔ) + 10 (shí )

23 二十三 — èrshísān = 2 (èr) + 10 (shí ) + 3 ( sān)

45 — 四十五 — sìshíwǔ = 4 (sì) + 10 (shí ) + 5 (wǔ)

56 — 五十六 — wǔshíliù = 5 (wǔ) + 10 (shí ) + 6 (liù)

Ratusan

Angka ratusan adalah 100 (bǎi ) ratusan + puluhan + satuan

Contoh:

705 —七百零五 — qī bǎi líng wǔ = 700 (七百qī bǎi) + 0( líng) + 5 (wǔ)

604 — 六百零四 — liù bǎi líng sì = 600 (六百liù bǎi)+ 0 (líng)+ 4 (sì)

930 — 九百三(十)— jiǔ bǎi sān (shí) = 900 (九百jiǔ bǎi) + 30 (三十sān shí)

880 — 八百八(十)— bā bǎi bā (shí) = 800 (八百bā bǎi) + 80 (八十bā shí)*

152 — 一百五十二 — yī bǎi wǔ shí èr = 100 (一百yī bǎi) + 50 (五十wǔ shí) + 2 (èr)

278 — 两百七十八 — liǎng bǎi qī shí bā = 200 (两百liǎng bǎi)* + 70(七十qī shí) + 8(bā)

Catatan :

* untuk angka 200 dapat menggunakan 二百 atau 两百

Ribuan

Angka ribuan adalah 1000 (qiān) ribuan + ratusan + puluhan + satuan

Contoh:

1200 — 一 千 两百 — yī qiān liǎng bǎi /一 千二 — yī qiān èr =

1000 (一 千 yī qiān) + 200 (两百liǎng bǎi)*

5670 — 五千六百七(十)— wǔ qiān liù bǎi qī (shí) =

5000 (五千 wǔ qiān) + 600 (六百liù bǎi) + 70 (七十shí)*

8792 — 八千七百九十二 –bā qiān qī bǎi jiǔ shí èr =

8000 (八千 bā qiān) + 700 (七百qī bǎi) + 90 (九十 jiǔ shí) + 2 (èr)

9807 — 九千八百零七 — jiǔ qiān bā bǎi líng qī =

9000 (九千jiǔ qiān) + 800 (八百bā bǎi) + 0 (líng) + 7 (qī)

Catatan :

* : Apabila angka setelah puluhan adalah 0 (líng), maka 10 (shí ) tidak perlu disebutkan. Pada angka ribuan 1200 dapat langsung menyebutkan 1200 ( yī qiān èr)

131 Comments on “Menghitung Angka dalam Bahasa Mandarin”

  1. Selamat pagi saya amat tertarik dan berminat untuk membelajari bahasa mandrin tetapi memandangkan umur saya dah mencecah 42 munkin susah agaknya.sekadar nak tanya saja.

  2. @rahmat: pak Pak Rahmat, umur tidak jadi masalah, mungkin bapak harus latihan ekstra keras kalau benar2 ingin lancar berbahasa mandarin, intinya cuma terbiasa saja dengan pengucapan dan nadanya, selebihnya sering2 mendengar dan menirukan, harus pantang menyerah ya pak….selamat berjuang…

  3. kalo puluhan ribu jadi mandarinnya gmn??

    duh ni website enak bgt buat belajar bahasa mandarin

    top lah

  4. saya blm bisa sama sekali mengucapkan kata2nya
    Alias blm ada dasarnya..dimna saya bisa membeli buku panduan
    Tsbt..dan apakah melalui kursus lebih cepat saya bisa ?
    Trimakasih sebelunnya…

  5. nak tahu apa perbezaan pada tanda diatas huruf vokal seperti í dan ǐ, ǎ dan ā, serta berbagai tanda lain lagi. adakah ia menunjuk kan cara sebutan. sesiapa yang mahir tolong jelaskan…… saya bubak baru belajar.. tq

  6. seneng bisa nemuin web ini, setelah kemaren baca buku kisah cerita klasik china, aku jadi minat belajar bahasa mandarin…
    wah, makasy banyak ne y :’)

  7. Maaf pak, mau tanya : katanya bahasa yg dipakai Betawi terutama utk angka berasal dari bahasa mandarin seperti : 50 = go cap ; 200 = no pek, pertanyaan saya, mengapa berbeda dengan cara menghitung angka di atas?

  8. Aq suka banget n pengen memperdalam bahasa untuk menguasai dunia

  9. ka kalau abjad bhasa mandarin kayak gimana tulisanya dan bagaimana cara mambacanya..tolong bantu ya ka

  10. Wo de ye ye lai le zhong guo.
    dan shi wo de hua wen bu zui hao.Yin wei,wo yao xue huawen. wo xing:wo yi ding xue hua wen hen hao din yi wen zi.Ni men ke yi ban zhu wo ma?

  11. Kalo gocap -50, cepe -100, seceng-1000 dst namanya bahasa Hokian salah satu suku di Cina. Kayak di sini Jawa, Sunda dst.

  12. KIRA2 YG HRUS DI PEELAJARI DASAR2 MANDARIN TU PA ZAAAAAAAAAAAAAAA??????????

  13. Putri…kamu klik aja logo subscribe di kanan atas laman website ini, setiap ada update terbaru akan otomatis dikirim ke email kamu… ^___^

  14. bagus sekali
    sangat membantu
    kebetulan hari ini anak saya belajar bahasa mandarin dan materinya adalah angka 1 sampai 10
    terimakasih

  15. pengucapan sama tulisan juga nada dalam bahasa mandarin beda atw sama yh?
    q pngn bljar mandarin mandiri tanpa hrs kursus atw sekolah ap it bsa?

  16. Oh ya biasanya yang aku dengar kalau angka 5 itu GO , kalau ribuan ceng jadi kalau 5000 GO CENG. Apa bedanya………….terus kalau jutaan apa ? kalau milyard apa ? mohon sedikit penjelasannya dong!!!!!!!!!!!!..XIE..XIE……………………………..Adrian….

  17. xie xie zhege hen hao…di downloadx pengen pengucapan mandarin sama pengucapan arti bhs indonesianya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *