Kalimat dalam Bahasa Mandarin (keterangan tempat)

Hai sahabat Mandarin~

Struktur kalimat dalam bahasa Mandarin itu sebenarnya cukup sederhana, kadang banyak kemiripan dengan bahasa Indonesia, contohnya:

Saya mau makan : 我要吃饭 Wǒ yào chīfàn
Saya mau pergi ke sekolah: 我要去学校 wǒ yào qù xuéxiào

Cukup sederhana kan? Tapiiii, kalau di dalam kalimatnya sudah ada keterangan tempat,waktu atau objek lainnya, nah ini yang sering bikin 头疼 tóuténg alias pusyiiing.

Keterangan tempat dalam bahasa Mandarin biasanya diletakan setelah subjek atau sebelum kata kerja. Kalau bahasa Indonesia biasanya dibelakang kalimat atau setelah kata kerja. Ini yang sering bikin kita jadi terbalik balik.
Contoh:
1. Saya mau makan di kantin sekolah : 我要在学校餐厅吃饭 wǒ yào zài xuéxiào cāntīng chīfàn
2. Saya mau tidur di rumah teman: 我要在朋友家睡觉 wǒ yào zài péngyǒu jiā shuìjiào
3. Saya ingin bekerja di perusahaan Cina: 我要在中国公司工作 wǒ yào zài zhōngguó gōngsī gōngzuò

tipsnya adalah, selalu ingat dalam bahasa Mandarin, keterangan tempat itu posisinya lebih penting dalam sebuah kalimat, karna keterangan tempat atau waktu merupakan informasi yg sangat penting pada saat kita berdialog dengan lawan bicara.

Susah ngga? Ngga yah~
Contoh lagi:

Kau Bidadari jatuh dari surga dihadapanku

你是在我面前从天堂掉下来的仙女~
nǐ shì zài wǒ miànqián cóng tiāntáng diào xiàlái de xiānnǚ ~

Eeeaaaaaa

Yuk sahabat Mandarin, coba buat kalimat sendiri

加油!jiāyóu!

20140721-232959-84599189.jpg

10 Comments on “Kalimat dalam Bahasa Mandarin (keterangan tempat)”

  1. wah saya senang sekali ada website belajar bahasa mandarin, namun dengan pengantar bahasa indonesia, apalagi jika sedikit2 mengetahui kebiasaan dan budaya di china.

    terus semangat update dan share ilmunya yach….pasti sangat membantu teman-teman semua, termasuk saya yang juga senang dengan mandarin…

    jiayou….

  2. Saya senang sekali dengan Bahasa Mandarin. Enak di dengarnya, namun sulit untuk Menulis dan membaca huruf Mandarin. Kalau belajar bicara mungkin bisa perlahan-lahan, namun gimana kalau mau belajar membaca buku berbahasa Mandarin. Tapi yaa semangat aja belajarnya…

  3. Ne gua baru pertama kali buka link web berisi kursus bahasa mandarain, sekarang gue belajar ingris lagi dikit mau serjana tapi blum puas kalau gk ada pless skills. jatuh cinta ma Mandarain Languages.

  4. asyik juga bhs mandarin. sy skrang berada di BLCU, Beijing Language and Culture University. sambil bljar budaya jga bljr bhs mandarin…….artikel ini sangat membantu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *