Kosa Kata untuk Menyampaikan Suasana Hati dalam Bahasa Mandarin

多少风雨绝不会消除我眼睛里的微笑——Duōshǎo fēngyǔ jué bù huì xiāochú wǒ yǎnjīng li de wéixiào

Betapapun hujan badai, tak akan men ghapus senyum di mataku

中文朋友大家好 Zhōngwén péngyǒu dàjiā hǎo —— Hai sahabat Mandarin. 你们现在心情怎么样Nǐmen xiànzài xīnqíng zěnme yàng? —— Bagaimana suasana hati kalian hari ini?. 我今天很高兴 Wǒ jīntiān hěn gāoxìng —— Hari ini saya sangat senang.

Kalau ada yang bertanya… 你心情怎么样?xīnqíng zěnme yàng? ——Bagaimana suasana hatimu?

Sahabat Mandarin bisa menjawab dengan menggunakan beberapa kosa kata berikut …. 一起来 Yī qǐlái!!Yuk~

Contoh percakapan :

Rekaman Lengkap

A : 你怎么了?

A: Nǐ zěnme le?

A: Kamu kenapa?

B : 我心情很不好

B: Wǒ xīnqíng hěn bù hǎo

B : lagi bete nih…

A : 有什么心事吗?

A: Yǒu shé me xīnshì ma?

A : Ada masalah apa?

B : 我跟男朋友分手了

B : Wǒ gēn nán péngyǒu fēnshǒu le

B : Aku putus sama pacarku

A : 啊~真遗憾,你别难过, 找别的男朋友吧。。。

A: A〜zhēn yíhàn, nǐ bié nánguò, zhǎo bié de nán péngyǒu ba.

A : aduuuh, sayang sekali ya…nggak usah sedih, cari pacar baru aja…

 

Kosa Kata

怎么了?  Zěnme le? : Kenapa?*

* Untuk menanyakan keadaan seseorang

怎么样?Zěnme yàng? : Bagaimana

心情 Xīnqíng : suasana hati (mood)

心事 Xīnshì : Masalah*

* biasanya untuk masalah yang berhubungan dengan perasaan

高兴 Gāoxìng :Senang*

开心 Kāixīn :Senang*

* kedua kata ini memiliki arti yang sama, dan penggunaannya sangat mendekati

快乐 Kuàilè : gembira

幸福 Xìngfú : bahagia

满意 Mǎnyì : Puas

难过 Nánguò : Sedih

烦恼 Fánnǎo : Pusing*

*pusing karena banyak masalah, bukan sakit kepala

辛苦 Xīnkǔ : Melelahkan

失恋 Shīliàn : Patah hati

恋爱 Liànài : Jatuh Cinta

喜欢 Xǐhuan : Suka

讨厌 Tǎoyàn : Sebel

生气 Shēngqì : Marah

郁闷 Yùmèn : lesu

心情不好 Xīnqíng bù hǎo : BeTe

 

selamat belajar ya…

祝大家永远幸福快乐~ Zhù dàjiā yǒngyuǎn xìngfú kuàilè〜

Semoga sahabat mandarin bahagia selamanya….

 

 

 

 

21 Comments on “Kosa Kata untuk Menyampaikan Suasana Hati dalam Bahasa Mandarin”

  1. Kalo bahasa mandarinnya
    ” aku sayang kamu tapi kamu selalu menyakiti aku , apa salah ku ?

  2. ini cara baca nya gimana?, spelling nya juga gimana?, msa baca nya datar2 , hehe
    **please answer** THANKS

  3. website ini sangat membantu saya untuk belajar bahasa mandarin, 谢谢谢谢谢谢谢xiexie

  4. kata orang kalo mau bisa pandai berbahasa mandarin , harus kenal dulu kebudayaannya, misalnya orang cina kalo makan suka pake mangkok dan sumpit ! nah sahabat2 mandarin ,apakah kamu sudah bisa memakai mangkok dan sumpit pada saat makan. kalo blom bisa belajar dulu pegang sumpit selama 3 tahun berturut-turut pasti bisa ngomong mandarin dengan lancar. hehehe…………. xiexie

  5. Xie xie,ni men zai zuo shenme
    wanshang hao hao hao shiu haomeng ya zai jian

  6. Kalo bahasa mandarinya aku sayang kau,tapi kamu bikin kecewa aku terus

  7. 我爱你你但是你害我、我有错了什么?
    Aku menyayangimu tapi kamu menyakitiku,aku salah apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *