Mandarin by Request September

大家好 Dàjiā hǎo! Halo semua. Hari ini membuka facebook fanpage-nya belajar bahasa Mandarin, ada request dari salah seorang 中文朋友Zhōngwén péngyǒu: sahabat mandarin, beliau menanyakan beberapa kosa kata yang paling umum dalam bahasa Mandarin, ini dia penjelasannya :

1.selamat pagi 早上好早安 zǎoshang hǎo/zǎo ān

* 早上好 zǎoshang hǎo : adalah ungkapan selamat pagi yang lebih formal, untuk orang yang lebih tua, yang lebih dihormati atau orang yang baru kenal, sebaiknya kita menggunakan kalimat ini.

2.selamat siang 中午好午安 zhōngwǔ hǎo/wǔ ān

3. Selamat sore 下午好 xiàwǔ hǎo

4.selamat malam 晚上好晚安 wǎnshàng hǎo/wǎnān

* 晚安 wǎnān : lebih sering digunakan sebagai salam perpisahan di malam hari, atau ketika ingin mengungkapkan selamat tidur juga bisa menggunakan kalimat ini. Kalau untuk yang sedang kasmaran, kalimat ini bisa terdengar sedikit romantis ketika diucapkan sebelum pujaan hati tidur ^____^

5.senang bertemu dengan kamu 见到你我很高兴 jiàn dào nǐ wǒ hěn gāoxìng

6.selamat datang 欢迎光临 huānyíng guānglín

7.salam kenal 很高兴认识你 hěn gāoxìng rènshi nǐ

8.selamat jalan 一路平安 yīlù píngān

9.selamat tidur 好好睡 hǎohǎo shuì

* tambahan “mimpi indah 好梦 Hǎo mèng”

10.pagi semua 大家早 dàjiā zǎo

11.indahnya mentari pagi ini, 这早上的太阳太美了 zhè zǎoshang de tàiyáng tàiměi le

12.selamat makan 开动 kāidòng/请吃Qǐng chī silakan makan/多吃点Duō chī diǎn makan yang banyak

*Biasanya untuk mengungkapkan “selamat makan”, dalam bahasa Mandarin beberapa kalimat inilah yang digunakan.

13.apa kabar? 你好吗??Nǐ hǎo ma?

* Jangan lupa materi pelajaran “Menyapa”

14. Baik-baik saja 我很好 wǒ hěn hǎo

15.dari manakah asal negaramu? 您是哪国人?Nín shì nǎ guórén?

16. Dari indonesia 我是印尼人 wǒ shì yìnní rén

17.pernahkah anda kunjung ke indonesia? 您来过印尼吗?Nín lái guò yìnní ma?

18.aku juga 我也是 Wǒ yěshì

19.aku tidak tau maksudmu…我不知到您的意思 Wǒ bù zhī dào nín de yìsi

20.terima kasih kembali….不客气 bú kè qì

* Selain 不可气 bùkě qì, “terima kasih kembali” bisa diungkapkan dengan kata 不谢 Bú xiè,不会 Bú huì (Kebanyakan digunakan di Taiwan), 没事 Méishì (Kebanyakan digunakan di daerah utara seperti Tianjin)
Karena sudah malam, rekamannya menyusul ya ….^___^ selamat belajar 晚安 wǎnān

29 Comments on “Mandarin by Request September”

  1. pgi mbk..

    klo “ni zheng ke ai” ap y artiny??? aq dsruh cri artinya mpe dpt ma temenku… tolong ya mbak…

    10Q

  2. ni hao…ada artikel atau kosa kata yang khusus tentang buah-buahan ga ya…???

  3. Mau tanya… 看见=melihat.. bentuk negatifnya yg mana? 看不见 atau 不看见. Terima kasih..

  4. 难道真的我能忘记你 => 难道我真的能忘记你 Nándào wǒ zhēn de néng wàngjì nǐ,artinya : apakah aku benar-benar bisa melupakanmu

  5. Ucapan terimah kasih kembali,apakah bisa di ucapkan pakai 再次感谢你, 或,谢谢你。谢谢

  6. Tambahin lagi artikelnya atau kosakata/kalimatnya donk… Pengen belajar lagi nih??
    Dulu sempet belajar, cuma ga serius, jadi udah rata2 lupa…
    Oya artikel atau kalimat yang tentang anak muda yah??
    semisal Wo ai ni = Aku cinta kamu , de el el…..
    oya minta artiin ke Mandarin donk kalimat ini..
    “Aku minta maaf atas semua salah aku. Aku cuma ingin kamu bahagia. Aku nggak mau melihatmu menangis karena aku. Karena airmata yang menetes dari matamu adalah lukaku. Meskipun aku jauh dan harus meninggalkanmu, namun yang perlu kamu tahu bahwa Aku Sangat menyayangimu. selamanya…”
    xie-xie……………

  7. 再次感谢你 mungkin agak jarang dipergunakan untuk berterima kasih kembali. bisa menggunakan 不用可气 atau 哪里 ~

  8. kalau bahasa inggris kan ucapan n tulisan berbeda,tp kal mandrin itu sama seperti bahasa inggris gk.karna saya belajar lewt buku n iternet jd sya tidak langsung belajar lewat sekolah ataupun kursus.n gimana ya carany biar saya bisa mengerti apa yg diucapkan lewat bahasa mandarin.trims

  9. salut buat anda semua di http://www.mandarin.web.id contentnya sangat bagus.

    tolong dimuat juga cara-cara merangkai/penulisan huruf-huruf mandarin-nya, jadi tidak hanya bisa berbicara (membaca?), namun jg bisa menulis.

    selain itu, bagaimana caranya menulis huruf2 mandarin di winword? saya sudah install china-language package, tp kok susah menampilkannya 🙁

    mohon pencerahannya

  10. zhidao? artikel ini daonya ditulis salah harusnya dao yang artinya jalan atau teori. Bukan yang artinya di atau sampai.

  11. haha.saya kirain orang china pake bhasa inggris.hahah
    pantesan ditanyain pake bhasa inggris diem ajah.haha

  12. arti dari aku sangat mencintaimu, aku sangat menyayangimu, aku sangat merindukanmu???

    Bisa tolong bantu aku?
    Xie xie..

  13. Laoshi , qingwen
    Wo yao wen yi xia , 渐渐 和慢慢 you shenme qubie ,? Xiexie

  14. Nihao Rika, terima kasih untuk pertanyaannya yaa
    渐渐 dan 慢慢 perbedaannya terletak pada makna keterangannya, kalau 渐渐 maknanya adalah sedikit demi sedikit, menjelaskan sesuatu yang berkurang secara kuantitas. Sedangkan 慢慢 maknanya adalah perlahan lahan, menekankan pada aspek waktunya, yaitu sesuatu yang berubah atau berkurang dengan waktu yang perlahan. Sekian ~ Jiayou!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *