Mempelajari Pengucapan Dalam Bahasa Mandarin

Cara pengucapan dalam bahasa Mandarin sangat penting. Cara pengucapan adalah landasan untuk bisa menguasai bahasa Mandarin. Maka, ingin belajar bahasa Mandarin harus memahami cara pengucapannya dulu. Cara pengucapan dalam bahasa Mandarin tidak terlepas dari yang disebut sebagai Pinyin(拼音).

Apa itu Pinyin ?

Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang tidak menggunakan abjad latin dalam sistem penulisannya, oleh karena itu tanpa adanya sistem penulisan latin akan sulit bagi orang asing untuk mempelajari bahasa Mandarin. Maka pada tahun 1958 pemerintah Cina secara resmi menggunakan sistem fonetik pinyin, yang dibuat oleh Lembaga Pembaharuan Tulisan (LPT) Republik Rakyat Cina (中国文字改革委员会/ zhōng guó wén zì gǎi gé wěi yuán huì) sebagai sistem penulisan latinnya. Pinyin merupakan sistem penulisan latin untuk bahasa Mandarin berdasarkan sistem pelafalan standar nasional (De-An Wu Swihart.2007.hlm:1). Sistem fonetik pinyin mempermudah pemelajar asing yang hanya menguasai huruf latin. Saat ini pinyin telah digunakan pada banyak tempat seperti pada sistem pengetikan huruf han di komputer, telepon genggam, petunjuk jalan, bahan ajar, software komputer, dan lain-lain.

Bentuk penulisan pinyin paling sedikit terdiri dari satu suku kata, dan setiap suku kata terdiri dari huruf vokal (声母/shēng mǔ) dan huruf konsonan (韵母/yùn mǔ) dan nada (声调/ shēng diào) yang diletakkan di atas huruf vokal. Bentuk suku kata pinyin dapat berupa huruf vokal saja seperti : a, e, ai, ei, ao, ou, atau terdiri dari huruf konsonan dan vokal, seperti : ba, mu, na, le, ti dan dapat juga terdiri dari huruf vokal dan konsonan, seperti : en, er.

Bagaimana Cara Melafalkan Pinyin?

Pinyin memiliki vokal dan konsonan. Cara pelafalan vokal lebih kurang sama dengan pelafalan vokal dalam bahasa Indonesia, namun untuk konsonan memiliki perbedaan yang cukup jauh dengan bahasa Indonesia, berikut adalah bentuk konsonan dalam Pinyin :

1. Suara bibir (bilabial) : b p m

2. Suara gigi atas dan bibir bawah (labio dental) : f

3. Suara ujung Lidah (apico dental) : d t n l

4. Suara pangkal lidah (dorso velar) : g k h

5. Suara badan lidah : j q x

6. Suara lidah ditekuk ke langit-langit mulut (apico palatal) : zh ch sh r

7. Suara lidah pada gigi depan bagian dalam (lamino dental) : z c s


1. Oey, Peng Kiat. Percakapan Bahasa Mandarin.2000.Puspa Swara: Jakarta.hlm:1

Pengisi suara: 刘斌(Liu Bin),ADeLia

24 Comments on “Mempelajari Pengucapan Dalam Bahasa Mandarin”

  1. Apakah kamus pinyin & Pinyin itu sama?
    kalo ada yang tau, tlg d jwb y!
    Kalo ada yg jwb, aku ngucapin terima kasih y

  2. Ni hao!
    Wo xue xi zhong wen

    Maaf, kalau boleh tau kalo di kamus online itu kalau mau cari pinyin biasanya ada pilihan mandarin (T) atau mandarin (s), bisa kasih tau apa bedanya?

    Ada judul kamus mandarin yg bisa direkomendasikan untuk saya?

  3. Mandarin (T) adalah huruf mandarin tradisional,yaitu aksara mandarin yang banyak goresannya,saat ini masih dipakai di Taiwan.sedang Mandarin (S) adalah huruf mandarin yang sudah disimplified,dipakai di Cina

  4. bagus banget ni web.. membantu banget.. lebih bagus lagi kalau setiap percakapannya diikuti dengan audio nya, jd kita bisa tau nada yang benar seperti ada.. kadang pinyin aja kurang bagi saya yang ga fasih membedakan nada dan huruf2 ch, c, x, s, sh 🙂

  5. oh ya klu udah ada informasi kamus bahasa mandarin hubungi no q ya…085742221560

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *