Memplajari nada bahasa Mandarin

Ditulis pada: 1 April, 2010 dalam: Bahan Ajar, Level 1, Pengucapan oleh: ADeLia

Setiap suku kata bahasa Cina tidak hanya terdiri dari vokal dan konsonan saja, tetapi juga memiliki nada. Nada dalam bahasa memiliki fungsi untuk membedakan makna kata. Setiap kata dalam bahasa Cina dengan cara pengucapan yang sama, namun jika terdapat perbedaan nada, maka makna yang terkandung dalam setiap suku kata tersebut akan berbeda. Melatih menggunakan nada yang baik dan benar adalah hal yang gampang gampang susah dalam mempelajari bahasa Mandarin, penggunaan nada yang tepat akan di interpretasikan dengan baik oleh lawan bicara dengan mudah dan benar sehingga akan menghasilkan suatu jalinan komunikasi yang lancar.

Contoh: dà (besar) dan kata dǎ (pukul), mā (ibu),  mǎ(kuda)

Bahasa Mandarin memiliki empat nada dan satu nada netral. Nada netral diucapkan dengan suara rendah dan pendek. Contoh: Ibu (妈妈/māma)

Nada dalam bahasa Mandarin:

Nada 1(第一声dìyīshēng) Nada 2(第二声dìèrshēng) Nada3(第三声dìsānshēng) Nada 4(第四声dìsìshēng)
Suara tinggi dan datar Suara rendah kemudian meningkat tinggi Suara menurun, lalu perlahan meningkat tinggi Suara hentakkan dari tinggi ke rendah

Contoh : 妈妈

Dalam pengajaran pelafalan, hal yang terpenting adalah latihan meniru dan membedakan. Jika ingin menguasai nada dan pelafalan dengan baik maka harus terus menerus meniru. Jika sudah dapat menirukan pelafalan yang benar maka harus selalu mengingat posisi mulut.

Lihat yang ini……

Sekarang, rekam suara masing-masing dan bandingkan…..

Jangan berhenti latihan ya ^___^