Kalimat Jawaban untuk Ucapan 谢谢Xièxiè Terima Kasih

Jawaban untuk Ucapan 谢谢 Terima Kasih

25 September, 2013 dalam: Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin, apa kabar?

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali mendengar ucapan “Terima Kasih”. Ketika seseorang mengucapkan “terima kasih” kepada kita, banyak ungkapan yang bias kita gunakan untuk menjawabnya, yang selama ini sering kita dengar adalah ucapan “terima kasih kembali”, “sama-sama” atau yang sering muncul belakangan adalah ucapan “dengan senang hati”.

Dalam bahasa Mandarin ternyata juga banyak cara loh untuk membalas ucapan “terima kasih”. Selama ini yang kita sering dengar ketika seseorang mengatakan 谢谢Xièxiè maka kalimat jawabannya adalah 不客气Bù kèqì. Belakangan saya menemukan beberapa kalimat berbeda untuk menjawab ucapan 谢谢 Xièxiè . Yuk kita kulik sama-sama~

Kalimat untuk menjawab ucapan 谢谢:

(biasanya kalimat ini juga dipakai untuk menggantikan kalimat 谢谢Xièxiè dalam kondisi contoh: seorang anak muda datang ke rumah orang tua temannya dan membawa buah tangan, orang tua tersebut dapat mengatakan 你太客气了!. Atau ketika seorang anak muda mengungkapkan terima kasih yang dalam pada orang yang lebih tua)

(Kalimat ini biasa digunakan antar teman sebaya)

(kalimat ini biasanya digunakan dalam situasi misalnya, dikendaraan umum seorang anak muda memberikan kursinya untuk orang tua. Kalimat ini sering dijumpai di Taiwan)

(Ucapan ini juga sering ditemui di Taiwan)

  • 不要紧Búyàojǐn : Sudahlah (dalam bahasa Inggris: never mind)

(Ucapan ini sering ditemui penggunaannya di Shanghai)

  • 没事Méishì: Tidak masalah

Sahabat Mandarin pernah mendengar kalimat lainnya? share yuk….

 

Sekarang Jam Berapa?

Menanyakan Jam

1 August, 2013 dalam: Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin, sekarang jam berapa ya?

Masih ingat kan tema “waktu” dalam bahasa Mandarin yang pernah kita bahas beberapa waktu lalu? kalau lupa coba klik disini :

Kosa Kata Menanyakan Waktu dalam Bahasa Mandarin

Waktu memang sangat penting dalam kehidupan setiap orang, dimanapun kita berada meskipun waktunya berbeda-beda tapi selalu saja kita bertanya tanya, sekarang sudah jam berapa ya?

Yuk kita bahas bersama, bagaimana penggunaan kalimat yang menunjukan sekarang jam/waktu. Jangan lupa mengulang kosa kata terkait waktu yaaa~

Penggunaan partikel "了” le

20130731-231113.jpg

31 July, 2013 dalam: Kosa Kata, Level 2, Tata bahasa oleh: ADeLia

Sahabat mandarin pernah dengar kan partikel "了” le?
"了” le digunakan untuk menunjukkan makna “sudah/telah” terjadi, kalau dalam bahasa inggris seperti penggunaan “past tense”. Bagaimana menggunakannya? Ngga susah kok, "了” le biasanya digunakan setelah kata kerja, contohnya

Saya sudah makan : 我吃饭了
Saya sudah lihat : 我看了
Saya sudah katakan : 我说了
Dia sudah tahu: 他知道了
Mereka sudah pergi: 他们走了
Anak sudah tidur: 孩子睡觉了

Cukup mudah ya sahabat Mandarin? Selamat belajar

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek

9 February, 2013 dalam: Artikel, Kosa Kata, Level 3 oleh: ADeLia

 

春节快乐,恭喜发财,万事如意~

Chūnjié kuàilè, gōngxǐ fācái, wànshì rúyì ~

Selamat Tahun Baru Imlek, Semoga beruntung dan banyak rezeki,

Sahabat Mandarin, Tahun baru Imlek di Indonesia saat ini sudah menjadi Hari Libur Nasional kita ya….sama seperti Hari Lebaran, Tahun Baru 1 Muharam, Hari Raya Nyepi, Natal, Tahun Baru Masehi dan perayaan lainnya….menyenangkan ya Sahabat Mandarin, kita di Indonesia memiliki begitu banyak hari perayaan.

Kata Imlek sendiri berasal dari kata 阴厉Yīn lì atau 农历 Nónglì yang berarti sistem penanggalan China. Tahun baru Imlek yang akan jatuh pada tanggal 10 Februari 2013 ini merupakan perayaan Tahun Baru China ke 2564. WOw….., China sudah 551 tahun lebih dulu memiliki peradaban dan sistem penanggalan dibandingkan dengan  kalender Masehi. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan negara China maju pesat seperti saat ini. Pantes aja yaaa….

Tahun Baru Imlek juga dikenal dengan sebutan 春节 Chūnjié = Festival Musim Semi. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan Tahun Baru Imlek jatuh di penghujung musim dingin dan menyambut datangnya musim semi. Tahun Baru Imlek merupakan hari perayaan terbesar di China, biasanya kantor-kantor dan sekolah-sekolah akan libur panjang dari 10-14 hari untuk merayakan Tahun Baru Imlek ini.

Sama seperti hari perayaan lainnya, dalam perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya kita juga mengucapkan ucapan-ucapan selamat kepada kerabat yang merayakan. Bagaimana bentuk ucapannya ya…? Berikut saya share beberapa contoh ucapan Selamat Tahun Baru Imlek ya Sahabat Mandarin…

Penggunaan kata Xiǎojiě 小姐 = Nona

Penggunaan kata Xiǎojiě 小姐 = Nona

26 January, 2013 dalam: Artikel, Kosa Kata, Pengucapan oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin,

Di Tiongkok ada suatu kebiasaan yaitu tidak menggunakan kata 小姐 Xiǎojiě = nona kepada seorang wanita. Kenapa begitu ya? banyak yang beranggapan kalau saat ini kata 小姐 Xiǎojiě itu mengandung konotasi negatif yang artinya wanita penghibur, jadi sekarang banyak yang mengganti penggunaan kata xiaojie. Diganti jadi apa ya ??

Nama nama hari raya dalam bahasa mandarin

20121225-160229.jpg

25 December, 2012 dalam: Kosa Kata, Level 2, Pengucapan oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin, rasanya menyenangkan ya kalau sudah tiba di penghujung tahun, banyak hari libur dan kita bisa berkumpul dengan keluarga tercinta, sambil menikmati liburan ini, kita cari tau yuk nama-nama hari raya dalam bahasa Mandarin…

开斋节 Kāizhāi jié : Lebaran
元旦节 yuándàn jié: tahun baru
圣诞节 shèngdàn jié: Natal
春节 chūnjié: Imlek
国庆节 guóqìng jié: Hari kemerdekaan
母亲节 mǔqīn jié: hari ibu
情人节 qíngrén jié: Valentine
中秋节 zhōngqiū jié: Festival kue bulan

那中文朋友们,今天是什么日子呢? Nà zhōngwén péngyǒumen, jīntiān shì shénme rìzi ní?=
Kalau begitu, hari ini hari raya apa ya sahabat Mandarin?

20121225-155342.jpg

Menanggapi Pujian dalam Bahasa Mandarin

Menanggapi Pujian dalam Bahasa Mandarin

3 February, 2012 dalam: Bahan Ajar, Catatan, Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 3 oleh: ADeLia

“Wah, kamu cantik sekali…”

                    “Terima kasih…”

Dalam hidup, kita pasti sesekali atau bahkan sering menerima pujian. Pujian bisa jadi satu cara yang baik untuk mendekati atau mengambil hati seseorang. Kebiasaan memuji orang lain  tidak hanya bisa menyenangkan hati orang lain, tapi juga bisa menambah pahala…hehe asal Pujiannya yang ikhlas ya…

Sahabat Mandarin, kalau kita menerima pujian atau sanjungan dalam bahasa Mandarin bagaimana membalasnya ya? Apakah cukup dengan Terima kasih?. Dalam bahasa Mandarin ada beberapa cara untuk menanggapi pujian dari orang lain, apa aja ya?? Hyuuuk kita kupas sama-sama….

  • 哪里哪里 Nǎlǐ nǎlǐ—— yap… kalimat ini cukup sering digunakan untuk menanggapi pujian, artinya “nggak lah” lebih kurang begitu ya…

contoh :

A : 你真漂亮呀~Nǐ zhēn piàoliang ya = Kamu cantik sekali

B : 哪里哪里, 你也很帅。。。Nǎlǐ nǎlǐ, nǐ yě hěn shuài…  = nggak lah, kamu juga ganteng

 

  • 过奖了Guòjiǎngle——Nah kalimat ini juga sering digunakan, arti kalimat ini secara harafiah adalah “terlalu memuji”, tapi penggunaannya sedikit lebih formil dari nali nali, bisa digunakan dalam situasi formal seperti bertemu dengan rekan kerja.

Contoh :

A : 这家公司就是因为有你这种人才才能发展得这么快呀-Zhè jiā gōngsī jiùshì yīnwèi yǒu nǐ zhè zhǒng réncái cáinéng fāzhǎn de zhème kuài ya = Perusahaan ini karena ada orang berbakat seperku anda baru bisa berkembang sangat cepat

B :您过奖了~Nín guòjiǎngle = anda terlalu memuji

 

  • 还差得很远呢 Hái chà de hěn yuǎn ne ——Kalimat ini paling sering digunakan kalau ada yang mengatakan bahasa asing yang kita kuasai sangat baik, artinya “masih kurang bagus”

contoh :

A : 你的中文说得很棒!Nǐ de zhōngwén shuō de hěn bàng! = Bahasa Mandarin kamu sangat bagus!

B : 还差得很远呢,还需要多多学习呢 Hái chà de hěn yuǎn ne, hái xūyào duōduō xuéxí ne = masih kurang bagus, masih harus belajar banyak

 

  •  没有啦 Méiyǒu la—— Nah kalau yang ini sering digunakan untuk berbagai situasi informal. Artinya”nggak kok”

contoh :

A : 你又买了新手机,真有钱阿~Nǐ yòu mǎile xīn shǒujī, zhēnyǒu qián ā = kamu beli HP lagi, kaya banget…

B : 没有啦-Méiyǒu la = nggak kok…

 

  • 你嘴巴还真甜啊!Nǐ zuǐba hái zhēn tián a!—— kalo kalimat ini artinya “mulutmu manis sekali”, kalimat ini saya sering dengar dari orang tua, biasanya kalau anak2 ada maunya terus muji-muji orang tua, jawabannya akan menggunakan kalimat ini.

contoh :

A : 奶奶,你怎么看起来这么年轻啊?Nǎinai, nǐ zěnme kàn qǐlái zhème niánqīng a?  = nenek kok kelihatannya makin muda ya?

B : 小丫头,嘴巴还真甜,说要奶奶为你做点好吃的是吧!Xiǎo yātou, zuǐba hái zhēn tián, shuō yào nǎinai wèi nǐ zuò diǎn hào chī de shì ba! = dasar anak ini, mulutmu manis sekali, kamu mau nenek masakin makanan enak apa?

Jadi sekarang kalau ada yang memuji sahabat Mandarin, sudah tau kan bagaimana menanggapinya. Selamat belajar Sahabat Mandarin, Semoga bermanfaat…

中文朋友们都很厉害~ Zhōngwén péngyǒumen dōu hěn lìhài〜

Sahabat Mandarin semuanya sangat LIHAI….heheh

Naik Bis di Beijing

BEIJING BUS 2

27 October, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友们大家好久不见,我最近太忙了就没时间跟大家打个招呼,请大家原谅~呵呵呵Zhōngwén péngyǒumen dàjiā hǎojiǔ bùjiàn, wǒ zuìjìn tài mángle jiù méi shíjiān gēn dàjiā dǎ gè zhāohū, qǐng dàjiā yuánliàng ~hēhē

Hai sahabat Mandarin… Lama Tak Bersua…Akhir-akhir ini saya sibuk sekali sampai tidak sempat menyapa sahabat mandarin semua, mohon dimaafkan ya…hehe

我现在呢就在熊猫、长城、故宫国家的首都,没错!北京Wǒ xiànzài ne jiù zài xióngmāo, chángchéng, gùgōng guójiā de shǒudū, Méi cuò! Běijīng

Saya sekarang sedang berada di Ibukota negara Panda, great wall dan forbidden city…Yap…Betul sekali, B E I J I N G

所以呢,我想跟中文朋友们分享一下北京的生活顺便学习学习中文的日常会话,咱们开始吧Suǒyǐ ne, wǒ xiǎng gēn zhōngwén péngyǒumen fēnxiǎng yīxià běijīng de shēnghuó shùnbiàn xuéxí xuéxí zhōngwén de rìcháng huìhuà, zánmen kāishǐ ba

Nah saya mau share sedikit tentang bagaimana kehidupan di Beijing sambil kita belajar kalimat apa saja yang diperlukan untuk bertahan hidup di Beijing, let’s get started………

 

在北京坐公车

Zài běijīng zuò gōng chē

Naik Bis di Beijing…

Sistem transportasi di China sangat baik, mau kemana aja gampang. Cuma tidak seperti di Indonesia, kita nyaris boleh minta berenti dimana aja. Di China kita harus berhenti di halte-halte yang sudah ditentukan. Kalo naik bis disini biasaya pakai kartu, kartu ini bisa dipakai untuk naik bis atau naik subway, dah kadang-kadag juga bisa dipake buat belanja…weew…seru ya

Nah, biasanya kata-kata apa saja ya yang bisa digunakan kalau kita naik kendaraan umum seperti bis…yuuuuk ~

 

公交卡Gōngjiāo kǎ : Kartu Transportasi

公车站Gōng chē zhàn: Halte Bis

乘客Chéngkè : Penumpang

上车Shàng chē : Naik

下车Xià chē : Turun

  • 要下车吗?yào xià chē ma? : Mau turun ya?
  • 我要下车了Wǒ yào xià chē le : saya mau turun

借过Jièguò : Numpang lewat

下一站Xià yí zhàn : Halte berikutnya

  • 下一站是团结湖Xià yí zhàn shì tuánjié hú : Halte berikutnya adalah Tuanjiehu

等一下Děng yīxià : Tunggu sebentar

  • 我要上车,请等一下Wǒ yào shàng chēqǐng děng yīxià : saya mau naik, tunggu sebentar

请坐Qǐng zuò : Silakan duduk

  • 我下一站就下车,请坐吧Wǒ xià yí zhàn jiù xià chē, qǐng zuò ba : saya turun di halte berikutnya, silakan duduk

先下后上Xiān xià hòu shàng : Turun dulu baru naik

  • 别挤!先下后上!Bié jǐ! Xiān xià hòu shàng! :jangan dorong-dorongan ! turun dulu baru naik!

前门Qiánmén : Pintu depan

  • 请从前门下车Qǐng cóng qiánmén xià chē : Silaka turun melalui pintu depan

后门Hòumén : Pintu belakang

  • 请从后门上车Qǐng cóng hòumén shàng chē : Silakan naik dari pintu belakang

刷卡Shuākǎ : Gesek kartu*  (sebenarnya ngga digesek juga…Cuma ditempelkan ke mesin, tapi istilahnya memang digesek)

  • 下车要刷卡Xià chē yào shuā kǎ : turun harus gesek kartu. (1)

买票Mǎi piào : Beli tiket

  • 没卡乘客请买票Méi kǎ chéngkè qǐng mǎi piào : penumpang yang tidak memiliki kartu, silakan membeli tiket (2)
  • 我要买票Wǒ yāomǎi piào : saya mau beli tiket

 

Tambahan Informasi :

(1) Kenapa ? Karena bisnya di Beijing ada beberapa tipe, bis dengan hitungan jauh dekat satu harga, atau dengan hitungan jarak. Biasanya kalau yang jauh dekat harganya 1 RMB, tapi kalo dengan hitungan jarak paling mahal 2 RMB. Nah kalo kita waktu turun tidak gesek kartu, kalau jarak kita dekat bisa jadi mahal tiket bisnya.

(2) Kalo pakai kartu harga tiketnya lebih murah, hanya 4 mao atau 0.40 RMB, nah kalau tidak punya kartu harus beli tiket, kalau dekat 1 RMB, jauh bisa 2 RMB.

 

 

Kosa Kata untuk Menyampaikan Suasana Hati dalam Bahasa Mandarin

Suasana Hati dalam Bahasa Mandarin

9 July, 2011 dalam: Catatan, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

多少风雨绝不会消除我眼睛里的微笑——Duōshǎo fēngyǔ jué bù huì xiāochú wǒ yǎnjīng li de wéixiào

Betapapun hujan badai, tak akan men ghapus senyum di mataku ”

中文朋友大家好 Zhōngwén péngyǒu dàjiā hǎo —— Hai sahabat Mandarin. 你们现在心情怎么样Nǐmen xiànzài xīnqíng zěnme yàng? —— Bagaimana suasana hati kalian hari ini?. 我今天很高兴 Wǒ jīntiān hěn gāoxìng —— Hari ini saya sangat senang.

Kalau ada yang bertanya… 你心情怎么样?xīnqíng zěnme yàng? ——Bagaimana suasana hatimu?

Sahabat Mandarin bisa menjawab dengan menggunakan beberapa kosa kata berikut …. 一起来 Yī qǐlái!!Yuk~

Berbagai Aktivitas di Akhir Pekan dalam Bahasa Mandarin

Berbagai aktivitas di akhir pekan dalam bahasa Mandarin

3 April, 2011 dalam: Bahan Ajar, Catatan, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友们下午好 Zhōngwén péngyǒu men Xiàwǔ hǎo~ Selamat Sore Sahabat Mandarin

Wah… akhir pekan kita sudah hampir usai nih…,Sahabat Mandarin semua pasti sudah melewatkan akhir pekan yang sangat menyenangkan ya?. Di akhir pekan ini Sahabat Mandarin sudah melakukan apa saja? ungkapkan dalam bahasa Mandarin ya….Check this out ~

Page 1 of 212