Kalimat Jawaban untuk Ucapan 谢谢Xièxiè Terima Kasih

Jawaban untuk Ucapan 谢谢 Terima Kasih

25 September, 2013 dalam: Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin, apa kabar?

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali mendengar ucapan “Terima Kasih”. Ketika seseorang mengucapkan “terima kasih” kepada kita, banyak ungkapan yang bias kita gunakan untuk menjawabnya, yang selama ini sering kita dengar adalah ucapan “terima kasih kembali”, “sama-sama” atau yang sering muncul belakangan adalah ucapan “dengan senang hati”.

Dalam bahasa Mandarin ternyata juga banyak cara loh untuk membalas ucapan “terima kasih”. Selama ini yang kita sering dengar ketika seseorang mengatakan 谢谢Xièxiè maka kalimat jawabannya adalah 不客气Bù kèqì. Belakangan saya menemukan beberapa kalimat berbeda untuk menjawab ucapan 谢谢 Xièxiè . Yuk kita kulik sama-sama~

Kalimat untuk menjawab ucapan 谢谢:

(biasanya kalimat ini juga dipakai untuk menggantikan kalimat 谢谢Xièxiè dalam kondisi contoh: seorang anak muda datang ke rumah orang tua temannya dan membawa buah tangan, orang tua tersebut dapat mengatakan 你太客气了!. Atau ketika seorang anak muda mengungkapkan terima kasih yang dalam pada orang yang lebih tua)

(Kalimat ini biasa digunakan antar teman sebaya)

(kalimat ini biasanya digunakan dalam situasi misalnya, dikendaraan umum seorang anak muda memberikan kursinya untuk orang tua. Kalimat ini sering dijumpai di Taiwan)

(Ucapan ini juga sering ditemui di Taiwan)

  • 不要紧Búyàojǐn : Sudahlah (dalam bahasa Inggris: never mind)

(Ucapan ini sering ditemui penggunaannya di Shanghai)

  • 没事Méishì: Tidak masalah

Sahabat Mandarin pernah mendengar kalimat lainnya? share yuk….

 

Sekarang Jam Berapa?

Menanyakan Jam

1 August, 2013 dalam: Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin, sekarang jam berapa ya?

Masih ingat kan tema “waktu” dalam bahasa Mandarin yang pernah kita bahas beberapa waktu lalu? kalau lupa coba klik disini :

Kosa Kata Menanyakan Waktu dalam Bahasa Mandarin

Waktu memang sangat penting dalam kehidupan setiap orang, dimanapun kita berada meskipun waktunya berbeda-beda tapi selalu saja kita bertanya tanya, sekarang sudah jam berapa ya?

Yuk kita bahas bersama, bagaimana penggunaan kalimat yang menunjukan sekarang jam/waktu. Jangan lupa mengulang kosa kata terkait waktu yaaa~

Ucapan selamat dalam bahasa Mandarin

3 June, 2012 dalam: Kalimat Umum, Level 3 oleh: ADeLia

20120603-122330.jpg

Hai sahabat Mandarin, hari ini ada teman yang ulang tahun ga? Atau ada yang sakit? Ayo kita doakan mereka…

*Selamat ulang tahun
祝你生日快乐: Zhù nǐ shēngrì kuàilè

*Semoga lekas sembuh
祝你早日康复: Zhù nǐ zǎorì kāngfù

*Semoga kamu bahagia
祝你幸福快乐: Zhù nǐ xìngfú kuàilè

*Semoga sukses
祝你成功: Zhù nǐ chénggōng

*Semoga kamu senang setiap hari
祝你天天开心: Zhù nǐ tiāntiān kāixīn

*semoga kamu cepat menemukan cinta sejati
祝你早日遇到你的真爱:Zhù nǐ zǎorì yù dào nǐ de zhēn ài

Selamat mendoakan orang tersayang ya sahabat mandarin….

Menanggapi Pujian dalam Bahasa Mandarin

Menanggapi Pujian dalam Bahasa Mandarin

3 February, 2012 dalam: Bahan Ajar, Catatan, Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 3 oleh: ADeLia

“Wah, kamu cantik sekali…”

                    “Terima kasih…”

Dalam hidup, kita pasti sesekali atau bahkan sering menerima pujian. Pujian bisa jadi satu cara yang baik untuk mendekati atau mengambil hati seseorang. Kebiasaan memuji orang lain  tidak hanya bisa menyenangkan hati orang lain, tapi juga bisa menambah pahala…hehe asal Pujiannya yang ikhlas ya…

Sahabat Mandarin, kalau kita menerima pujian atau sanjungan dalam bahasa Mandarin bagaimana membalasnya ya? Apakah cukup dengan Terima kasih?. Dalam bahasa Mandarin ada beberapa cara untuk menanggapi pujian dari orang lain, apa aja ya?? Hyuuuk kita kupas sama-sama….

  • 哪里哪里 Nǎlǐ nǎlǐ—— yap… kalimat ini cukup sering digunakan untuk menanggapi pujian, artinya “nggak lah” lebih kurang begitu ya…

contoh :

A : 你真漂亮呀~Nǐ zhēn piàoliang ya = Kamu cantik sekali

B : 哪里哪里, 你也很帅。。。Nǎlǐ nǎlǐ, nǐ yě hěn shuài…  = nggak lah, kamu juga ganteng

 

  • 过奖了Guòjiǎngle——Nah kalimat ini juga sering digunakan, arti kalimat ini secara harafiah adalah “terlalu memuji”, tapi penggunaannya sedikit lebih formil dari nali nali, bisa digunakan dalam situasi formal seperti bertemu dengan rekan kerja.

Contoh :

A : 这家公司就是因为有你这种人才才能发展得这么快呀-Zhè jiā gōngsī jiùshì yīnwèi yǒu nǐ zhè zhǒng réncái cáinéng fāzhǎn de zhème kuài ya = Perusahaan ini karena ada orang berbakat seperku anda baru bisa berkembang sangat cepat

B :您过奖了~Nín guòjiǎngle = anda terlalu memuji

 

  • 还差得很远呢 Hái chà de hěn yuǎn ne ——Kalimat ini paling sering digunakan kalau ada yang mengatakan bahasa asing yang kita kuasai sangat baik, artinya “masih kurang bagus”

contoh :

A : 你的中文说得很棒!Nǐ de zhōngwén shuō de hěn bàng! = Bahasa Mandarin kamu sangat bagus!

B : 还差得很远呢,还需要多多学习呢 Hái chà de hěn yuǎn ne, hái xūyào duōduō xuéxí ne = masih kurang bagus, masih harus belajar banyak

 

  •  没有啦 Méiyǒu la—— Nah kalau yang ini sering digunakan untuk berbagai situasi informal. Artinya”nggak kok”

contoh :

A : 你又买了新手机,真有钱阿~Nǐ yòu mǎile xīn shǒujī, zhēnyǒu qián ā = kamu beli HP lagi, kaya banget…

B : 没有啦-Méiyǒu la = nggak kok…

 

  • 你嘴巴还真甜啊!Nǐ zuǐba hái zhēn tián a!—— kalo kalimat ini artinya “mulutmu manis sekali”, kalimat ini saya sering dengar dari orang tua, biasanya kalau anak2 ada maunya terus muji-muji orang tua, jawabannya akan menggunakan kalimat ini.

contoh :

A : 奶奶,你怎么看起来这么年轻啊?Nǎinai, nǐ zěnme kàn qǐlái zhème niánqīng a?  = nenek kok kelihatannya makin muda ya?

B : 小丫头,嘴巴还真甜,说要奶奶为你做点好吃的是吧!Xiǎo yātou, zuǐba hái zhēn tián, shuō yào nǎinai wèi nǐ zuò diǎn hào chī de shì ba! = dasar anak ini, mulutmu manis sekali, kamu mau nenek masakin makanan enak apa?

Jadi sekarang kalau ada yang memuji sahabat Mandarin, sudah tau kan bagaimana menanggapinya. Selamat belajar Sahabat Mandarin, Semoga bermanfaat…

中文朋友们都很厉害~ Zhōngwén péngyǒumen dōu hěn lìhài〜

Sahabat Mandarin semuanya sangat LIHAI….heheh

Naik Bis di Beijing

BEIJING BUS 2

27 October, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友们大家好久不见,我最近太忙了就没时间跟大家打个招呼,请大家原谅~呵呵呵Zhōngwén péngyǒumen dàjiā hǎojiǔ bùjiàn, wǒ zuìjìn tài mángle jiù méi shíjiān gēn dàjiā dǎ gè zhāohū, qǐng dàjiā yuánliàng ~hēhē

Hai sahabat Mandarin… Lama Tak Bersua…Akhir-akhir ini saya sibuk sekali sampai tidak sempat menyapa sahabat mandarin semua, mohon dimaafkan ya…hehe

我现在呢就在熊猫、长城、故宫国家的首都,没错!北京Wǒ xiànzài ne jiù zài xióngmāo, chángchéng, gùgōng guójiā de shǒudū, Méi cuò! Běijīng

Saya sekarang sedang berada di Ibukota negara Panda, great wall dan forbidden city…Yap…Betul sekali, B E I J I N G

所以呢,我想跟中文朋友们分享一下北京的生活顺便学习学习中文的日常会话,咱们开始吧Suǒyǐ ne, wǒ xiǎng gēn zhōngwén péngyǒumen fēnxiǎng yīxià běijīng de shēnghuó shùnbiàn xuéxí xuéxí zhōngwén de rìcháng huìhuà, zánmen kāishǐ ba

Nah saya mau share sedikit tentang bagaimana kehidupan di Beijing sambil kita belajar kalimat apa saja yang diperlukan untuk bertahan hidup di Beijing, let’s get started………

 

在北京坐公车

Zài běijīng zuò gōng chē

Naik Bis di Beijing…

Sistem transportasi di China sangat baik, mau kemana aja gampang. Cuma tidak seperti di Indonesia, kita nyaris boleh minta berenti dimana aja. Di China kita harus berhenti di halte-halte yang sudah ditentukan. Kalo naik bis disini biasaya pakai kartu, kartu ini bisa dipakai untuk naik bis atau naik subway, dah kadang-kadag juga bisa dipake buat belanja…weew…seru ya

Nah, biasanya kata-kata apa saja ya yang bisa digunakan kalau kita naik kendaraan umum seperti bis…yuuuuk ~

 

公交卡Gōngjiāo kǎ : Kartu Transportasi

公车站Gōng chē zhàn: Halte Bis

乘客Chéngkè : Penumpang

上车Shàng chē : Naik

下车Xià chē : Turun

  • 要下车吗?yào xià chē ma? : Mau turun ya?
  • 我要下车了Wǒ yào xià chē le : saya mau turun

借过Jièguò : Numpang lewat

下一站Xià yí zhàn : Halte berikutnya

  • 下一站是团结湖Xià yí zhàn shì tuánjié hú : Halte berikutnya adalah Tuanjiehu

等一下Děng yīxià : Tunggu sebentar

  • 我要上车,请等一下Wǒ yào shàng chēqǐng děng yīxià : saya mau naik, tunggu sebentar

请坐Qǐng zuò : Silakan duduk

  • 我下一站就下车,请坐吧Wǒ xià yí zhàn jiù xià chē, qǐng zuò ba : saya turun di halte berikutnya, silakan duduk

先下后上Xiān xià hòu shàng : Turun dulu baru naik

  • 别挤!先下后上!Bié jǐ! Xiān xià hòu shàng! :jangan dorong-dorongan ! turun dulu baru naik!

前门Qiánmén : Pintu depan

  • 请从前门下车Qǐng cóng qiánmén xià chē : Silaka turun melalui pintu depan

后门Hòumén : Pintu belakang

  • 请从后门上车Qǐng cóng hòumén shàng chē : Silakan naik dari pintu belakang

刷卡Shuākǎ : Gesek kartu*  (sebenarnya ngga digesek juga…Cuma ditempelkan ke mesin, tapi istilahnya memang digesek)

  • 下车要刷卡Xià chē yào shuā kǎ : turun harus gesek kartu. (1)

买票Mǎi piào : Beli tiket

  • 没卡乘客请买票Méi kǎ chéngkè qǐng mǎi piào : penumpang yang tidak memiliki kartu, silakan membeli tiket (2)
  • 我要买票Wǒ yāomǎi piào : saya mau beli tiket

 

Tambahan Informasi :

(1) Kenapa ? Karena bisnya di Beijing ada beberapa tipe, bis dengan hitungan jauh dekat satu harga, atau dengan hitungan jarak. Biasanya kalau yang jauh dekat harganya 1 RMB, tapi kalo dengan hitungan jarak paling mahal 2 RMB. Nah kalo kita waktu turun tidak gesek kartu, kalau jarak kita dekat bisa jadi mahal tiket bisnya.

(2) Kalo pakai kartu harga tiketnya lebih murah, hanya 4 mao atau 0.40 RMB, nah kalau tidak punya kartu harus beli tiket, kalau dekat 1 RMB, jauh bisa 2 RMB.

 

 

Kalimat Umum untuk Meminta Maaf dalam Bahasa Mandarin

sorry

1 May, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友们,大家都好吗? Zhōngwén péngyǒu men dàjiā dōu hǎo ma ?——Sahabat Mandarin,Semuanya baik kan?

好久不见Hǎojiǔ bùjiàn~——Lama tidak berjumpa

不好意思, 好久没跟大家分享中文Bù hǎoyìsi,hǎojiǔ méi gēn dàjiā fēnxiǎng zhōngwén——Maaf ya,Sudah lama tidak berbagi bahasa Mandarin dengan teman-teman semua

Sahabat Mandarin, sebagai manusia biasa saya sering sekali membuat kesalahan dan kekhilafan…..tapi saya akan selalu introspeksi diri dan tentunya….meminta maaf. Bagaimana ya cara menyesali kekhilafan dan  meminta maaf dalam bahasa Mandarin ?

一起学吧…! Yīqǐ xué ba…!-Ayo belajar Bersama

 

 

Kalimat Umum yang digunakan ketika Bertemu Teman Lama

23 February, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 2 oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin….
Hari ini saya bertemu dengan sahabat lama saya dari China, saya sudah hampir 2 tahun tidak bertemu dengannya, senang sekalii… Nah karena itu saya ingin berbagi sedikit mengenai kalimat yang biasa digunakan dalam bahasa Mandarin bila bertemu teman lama, selamat belajar yaa =(^.^)=

好久不见 Hǎojiǔ bùjiàn: lama tidak berjumpa
你什么时候来的?nǐ shénme shíhou lái de?: kapan kamu datang?
最近怎么样?Zuìjìn zěnme yàng?: bagaimana kamu akhir-akhir ini? (apa kabar)
家里人都好吗?Jiālǐ rén dōu hǎo ma?: keluargamu baik-baik saja?
工作/学习怎么样?Gōngzuò/xuéxí zěnme yàng?: bagaimana pekerjaan/sekolahmu
要保持联络!Yào bǎochí liánluò!: keep in touch ya!

Untuk rekaman suaranya, menyusul yaa… 加油jiayou!!

Kalimat untuk menanyakan waktu dalam Bahasa Mandarin

Kalimat umum untuk menanyakan waktu dalam Bahasa Mandarin

5 January, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友, 新年快乐 Zhōngwén péngyǒu, xīnnián kuàilè– Sahabat Mandarin, Selamat Tahun Baru ya….

“Time is money” waktu adalah uang, “时间就是生命 Shíjiān jiùshì shēngmìng” waktu adalah nyawa. Setiap orang memiliki pandangannya sendiri mengenai waktu. Nah.. untuk mengawali tahun 2011, bagaimana kalau kita buka dengan tema “Waktu”. Bicara soal waktu, waktu sepertinya sudah menjadi suatu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, Waktu juga menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam aktifitas banyak orang. Kalau kita perhatikan bagaimana pemandangan  pagi hari  di kota-kota besar seperti di Jepang, China, dan tentunya Jakarta, kita bisa menangkap suatu ide bahwa mereka semua sedang berlomba dengan waktu, baik mereka yang mengejar waktu masuk kantor, waktu sekolah, atau waktu mau ke pasar.

Beberapa kalimat di bawah ini adalah kalimat yang biasa digunakan jika ingin menanyakan waktu, selamat belajar

Kosa kata dan Kalimat Umum untuk Menanyakan Tanggal & Hari dalam Bahasa Mandarin

Kosa kata dan Kalimat Umum untuk Menanyakan Hari dalam Bahasa Mandarin

16 November, 2010 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Menanyakan hari dan tanggal, merupakan kalimat yang sering ditemukan dalam percakapan sehari-hari. Dalam Bahasa Mandarin Kalimat seperti ini lebih kurang sama dengan kalimat menanyakan hari dalam bahasa Indonesia atau Inggris, namun untuk nama-nama hari dan tanggalnya sedikit berbeda. Ini dia cara menanyakan hari/tanggal dalam bahasa Mandarin… Semoga bermanfaat ^___^

Mandarin by Request September

28 September, 2010 dalam: Catatan, Kalimat Umum oleh: ADeLia

大家好 Dàjiā hǎo! Halo semua. Hari ini membuka facebook fanpage-nya belajar bahasa Mandarin, ada request dari salah seorang 中文朋友Zhōngwén péngyǒu: sahabat mandarin, beliau menanyakan beberapa kosa kata yang paling umum dalam bahasa Mandarin, ini dia penjelasannya :

Page 1 of 212