Cara Menyapa dalam Bahasa Mandarin

Dalam menyapa orang lain, masyarakat Cina sangat memperhatikan usia, kedudukan dan hubungan kekerabatan. Untuk menyapa orang yang lebih tua atau orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi, tidak boleh langsung menyebutkan nama orang yang bersangkutan. Dalam kata sapaan, untuk menghormati pihak yang sedang diajak bicara, masyarakat Cina sering menyertakan profesi seseorang setelah nama marganya. Contohnya : 李老师/ lǐ lǎoshī (Guru Li),韩医生/Hán yīshēng (Dokter Han),王律师/Wáng lǜshī (Pengacara Wang).

Di Cina, “你好nǐhǎo” merupakan kata sapaan yang sering digunakan pada saat pertama kali bertemu atau berkenalan dengan orang lain. Selain itu, menyapa orang yang sudah dikenal sebelumnya juga dapat nmenanyakan “吃饭了吗?chīfàn le ma?”(Sudah makan?) atau dapat menggunakan kalimat basa-basi berdasarkan kegiatan yang sedang dikerjakan oleh lawan bicara.

Contoh:

A sedang membaca buku, B dapat menyapa dengan berkata “在看书啊?/zài kàn shū a? (Sedang baca buku ya?) atau 在看什么书呢?/ zài kàn shén me shū ne?(Sedang baca buku apa?)” Pertanyaan semacam ini dikategorikan sebagai pertanyaan basa-basi, lawan bicara tidak harus menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas dan pasti.

Kalimat umum:

你好!nǐ hǎo* : Apa kabar?

您*好! nín hǎo :Apa kabar?

你好吗?nǐ hǎo ma :Bagaimana kabarnya?

您好吗? nín hǎo ma:Bagaimana kabar anda?

我很好 wǒ hěn hǎo:Saya baik-baik saja

我也很好 wǒ yě hěn hǎo:Saya Juga baik-baik saja

Catatan :

* 您 (nín) : dipakai untuk menyapa orang yang lebih tua atau yang kedudukannya lebih tinggi

* 你好!(nǐ hǎo) : Merupakan kata sapaan yang umum digunakan dalam bahasa Mandarin. Pada saat berkenalan dengan orang lain biasa digunakan kata ini, atau untuk menyapa orang yang sudah dikenal juga biasa digunakan kata ini. 你(nǐ) merupakan kata ganti orang, dan dapat diubah sesuai dengan konteks.

Contoh : untuk menyapa guru (老师:lǎo shī ) dapat digunakan kata 老师好!(lǎo shī hǎo), atau untuk menyapa teman dapat langsung menyebutkan namanya seperti: 林娜好!(línnà hǎo)。你好!(nǐ hǎo) biasanya di balas dengan kata yang sama.

Pengisi suara: 刘斌(Liu Bin),ADeLia

Gambar : http://nipic.com

156 Comments on “Cara Menyapa dalam Bahasa Mandarin”

  1. wow… nin hao ma??? nin jiao shenme mingzi??? wo jiao mei2 … xie2

  2. Banyak bgt ya huruf” dalam Chinese….
    Ngucapinnya gman ya?? Apa bedanya…??

  3. waw,, pengen bgt bisa belajar mandarin..basicnya bisa via mandarin.web.id lah..untuk lebih lanjut,, ntar mau kursus (hope can do it)

  4. hemmmm mksih bgt ea,q jd gx bngung lghe
    al’a bsok dha pljaran mandrin nheeee………

  5. kaq , bhsa mandarin nya keren banget
    klw bisa masukin jg y kq
    cara penulisan bahasa mandarin
    plisssssss

  6. coba aq bisa pakai bahasa mandarin setiap hari, walaupun 1 perintah aja pasti aku dah bangga………
    hulalaaa,,,,,,,,,

  7. sebelumnya sy bisa bahasa hokkian (waktu kecil), tapi sekarang, jangankan bicara, ngitung aja (pake mandarin atau hokkian) ga sanggup, apalagi bicara.
    jadi, terima kasih banget ada http://www.mandarin.web.id, buat belajar
    xiè xiè

  8. saya tinggal di semarang, punya informasi ndak di mana alamat kursus bahasa cina yang tidak biaya mahal. terima kasih ya

  9. bisa bikin kata-kata yang lain
    untuk bisa saya pelajari lagi dengan mudah
    dan saya dapat mengerti
    terimakasih 🙂

  10. Ni hao ma ?

    Wo ye hen hao

    Saya suka website ini,terima kasih sudah berbagi ilmu 🙂

  11. xie xie,, selama aqu mengenal bahsa mandarin, aq merasa bangga dengan diriqu sndri, meskipun aq belum bisa, tetapi aq udah dapat kesempatan untuk mengenal budaya org cina,,,

  12. nin hao….
    Xie xie… Sempet belajar bhs mandarin satu smester pas kuliah… Ya ampun susah bgt…, apalagi tulisannya… Banyak goresannya gitu…. Alamak…. tp tertarik jg sih mmpajarinya… Soalnya di kampungku skrg byk chinese berkeliaran…

  13. wo hai bu zhidao xiaxie shenme yingwei wo diyi zhege LINK kaishi…xiexie ni

  14. Makasihhh…. buat artikel-artikel kyak gini lagi yaaa soalnya membantu banget buat belajar bahasa Mandarin

  15. wow…kagum gw baca webset ini…
    Yth Admin Adelia,saya bari belajar,dan mohon bimbingan anda….meskipun gw ga etnis cina,tp gw sangat kagum dengan tradisi cina yg tetap terjaga…

    Tank’s…

  16. Web ini bagus sekali , Mau tanya , sebaiknya untuk bisa sekedar ngomong sehari hari flm bahasa mandarin kira kira tahapan yamg di tempuh apa saja. Trus apa yg menunjang agar segera bisa praktek menggunakan bhs mandarin. Apa ada tataran kehalusan atau kesopanan dlm berbahasa untuk org2 yg semestinya kita hormati lebih dari umum. Kamsiak..(maaf kalu salah nulis)

  17. Nin Hao!!
    wo jiao Nova,
    bisa berbahasa mandarin 1 atau 2 kata aja wo seneng banget,srasa ada kebanggan tersendiri 😀
    apalagi bisa lancar yaa!!
    pas lagi kul ga konsen banget belajarnya,karna gabungan 4 kelas..
    hanya 1x dalam seminggu 🙁

    tapi untungnya ada halaman ini
    ajarin aq dong lǎoshī Adelia 🙂
    Xièxiè cece Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *