Tips: Melatih lafal dengan bernyanyi

27 November, 2014 dalam: Lagu Mandarin, Lirik Lagu, Pengucapan, Tips oleh: ADeLia

Hai Sahabat Mandarin~

你好吗?
Nǐ hǎo ma?

Apa Kabar?

Banyak yang bilang paling sulit mempelajari lafal dalam bahasa Mandarin. Memang benar, mengucapkan konsonan dan nada dalam bahasa Mandarin itu paling sulit, ada yang harus menekuk ujung lidah ke atas langit langit mulut, ada yang sifatnya aspiratif, ditambah lagi dengan 4 nada yang harus dapat kita bunyikan secara tepat, kalau tidak akan berbeda maknanya. Tapi, meskipun sulit, jangan menyerah yaa…tetap latihan terus, mendengar dan menirukan. Supaya tidak bosan, melatih pelafalan dengan bernyanyi bisa jadi cara yang efektif dan menyenangkan, nyanyikan lagu Mandarin favoritmu, lalu rekam, setelah itu dengarkan kembali . Seperti video yang satu ini…..

Ayo Sahabat Mandarin, kirimkan video nyanyianmu dalam bahasa Mandarin lengkap dengan liriknya dalam huruf Hanzi dan Pinyinnya yaa….kirim ke Admin Belajar Bahasa Mandarin: admin@mandarin.web.id .Video yang bagus akan admin pajang di Web, Facebook dan Twitter ^___^

Selamat Belajar

加油 Jiayou

 

 

 

 

 

 

Kalimat Jawaban untuk Ucapan 谢谢Xièxiè Terima Kasih

Jawaban untuk Ucapan 谢谢 Terima Kasih

25 September, 2013 dalam: Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin, apa kabar?

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali mendengar ucapan “Terima Kasih”. Ketika seseorang mengucapkan “terima kasih” kepada kita, banyak ungkapan yang bias kita gunakan untuk menjawabnya, yang selama ini sering kita dengar adalah ucapan “terima kasih kembali”, “sama-sama” atau yang sering muncul belakangan adalah ucapan “dengan senang hati”.

Dalam bahasa Mandarin ternyata juga banyak cara loh untuk membalas ucapan “terima kasih”. Selama ini yang kita sering dengar ketika seseorang mengatakan 谢谢Xièxiè maka kalimat jawabannya adalah 不客气Bù kèqì. Belakangan saya menemukan beberapa kalimat berbeda untuk menjawab ucapan 谢谢 Xièxiè . Yuk kita kulik sama-sama~

Kalimat untuk menjawab ucapan 谢谢:

(biasanya kalimat ini juga dipakai untuk menggantikan kalimat 谢谢Xièxiè dalam kondisi contoh: seorang anak muda datang ke rumah orang tua temannya dan membawa buah tangan, orang tua tersebut dapat mengatakan 你太客气了!. Atau ketika seorang anak muda mengungkapkan terima kasih yang dalam pada orang yang lebih tua)

(Kalimat ini biasa digunakan antar teman sebaya)

(kalimat ini biasanya digunakan dalam situasi misalnya, dikendaraan umum seorang anak muda memberikan kursinya untuk orang tua. Kalimat ini sering dijumpai di Taiwan)

(Ucapan ini juga sering ditemui di Taiwan)

  • 不要紧Búyàojǐn : Sudahlah (dalam bahasa Inggris: never mind)

(Ucapan ini sering ditemui penggunaannya di Shanghai)

  • 没事Méishì: Tidak masalah

Sahabat Mandarin pernah mendengar kalimat lainnya? share yuk….

 

Sekarang Jam Berapa?

Menanyakan Jam

1 August, 2013 dalam: Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin, sekarang jam berapa ya?

Masih ingat kan tema “waktu” dalam bahasa Mandarin yang pernah kita bahas beberapa waktu lalu? kalau lupa coba klik disini :

Kosa Kata Menanyakan Waktu dalam Bahasa Mandarin

Waktu memang sangat penting dalam kehidupan setiap orang, dimanapun kita berada meskipun waktunya berbeda-beda tapi selalu saja kita bertanya tanya, sekarang sudah jam berapa ya?

Yuk kita bahas bersama, bagaimana penggunaan kalimat yang menunjukan sekarang jam/waktu. Jangan lupa mengulang kosa kata terkait waktu yaaa~

Penggunaan partikel "了” le

20130731-231113.jpg

31 July, 2013 dalam: Kosa Kata, Level 2, Tata bahasa oleh: ADeLia

Sahabat mandarin pernah dengar kan partikel "了” le?
"了” le digunakan untuk menunjukkan makna “sudah/telah” terjadi, kalau dalam bahasa inggris seperti penggunaan “past tense”. Bagaimana menggunakannya? Ngga susah kok, "了” le biasanya digunakan setelah kata kerja, contohnya

Saya sudah makan : 我吃饭了
Saya sudah lihat : 我看了
Saya sudah katakan : 我说了
Dia sudah tahu: 他知道了
Mereka sudah pergi: 他们走了
Anak sudah tidur: 孩子睡觉了

Cukup mudah ya sahabat Mandarin? Selamat belajar

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek

9 February, 2013 dalam: Artikel, Kosa Kata, Level 3 oleh: ADeLia

 

春节快乐,恭喜发财,万事如意~

Chūnjié kuàilè, gōngxǐ fācái, wànshì rúyì ~

Selamat Tahun Baru Imlek, Semoga beruntung dan banyak rezeki,

Sahabat Mandarin, Tahun baru Imlek di Indonesia saat ini sudah menjadi Hari Libur Nasional kita ya….sama seperti Hari Lebaran, Tahun Baru 1 Muharam, Hari Raya Nyepi, Natal, Tahun Baru Masehi dan perayaan lainnya….menyenangkan ya Sahabat Mandarin, kita di Indonesia memiliki begitu banyak hari perayaan.

Kata Imlek sendiri berasal dari kata 阴厉Yīn lì atau 农历 Nónglì yang berarti sistem penanggalan China. Tahun baru Imlek yang akan jatuh pada tanggal 10 Februari 2013 ini merupakan perayaan Tahun Baru China ke 2564. WOw….., China sudah 551 tahun lebih dulu memiliki peradaban dan sistem penanggalan dibandingkan dengan  kalender Masehi. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan negara China maju pesat seperti saat ini. Pantes aja yaaa….

Tahun Baru Imlek juga dikenal dengan sebutan 春节 Chūnjié = Festival Musim Semi. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan Tahun Baru Imlek jatuh di penghujung musim dingin dan menyambut datangnya musim semi. Tahun Baru Imlek merupakan hari perayaan terbesar di China, biasanya kantor-kantor dan sekolah-sekolah akan libur panjang dari 10-14 hari untuk merayakan Tahun Baru Imlek ini.

Sama seperti hari perayaan lainnya, dalam perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya kita juga mengucapkan ucapan-ucapan selamat kepada kerabat yang merayakan. Bagaimana bentuk ucapannya ya…? Berikut saya share beberapa contoh ucapan Selamat Tahun Baru Imlek ya Sahabat Mandarin…

Penggunaan kata Xiǎojiě 小姐 = Nona

Penggunaan kata Xiǎojiě 小姐 = Nona

26 January, 2013 dalam: Artikel, Kosa Kata, Pengucapan oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin,

Di Tiongkok ada suatu kebiasaan yaitu tidak menggunakan kata 小姐 Xiǎojiě = nona kepada seorang wanita. Kenapa begitu ya? banyak yang beranggapan kalau saat ini kata 小姐 Xiǎojiě itu mengandung konotasi negatif yang artinya wanita penghibur, jadi sekarang banyak yang mengganti penggunaan kata xiaojie. Diganti jadi apa ya ??

Nama nama hari raya dalam bahasa mandarin

20121225-160229.jpg

25 December, 2012 dalam: Kosa Kata, Level 2, Pengucapan oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin, rasanya menyenangkan ya kalau sudah tiba di penghujung tahun, banyak hari libur dan kita bisa berkumpul dengan keluarga tercinta, sambil menikmati liburan ini, kita cari tau yuk nama-nama hari raya dalam bahasa Mandarin…

开斋节 Kāizhāi jié : Lebaran
元旦节 yuándàn jié: tahun baru
圣诞节 shèngdàn jié: Natal
春节 chūnjié: Imlek
国庆节 guóqìng jié: Hari kemerdekaan
母亲节 mǔqīn jié: hari ibu
情人节 qíngrén jié: Valentine
中秋节 zhōngqiū jié: Festival kue bulan

那中文朋友们,今天是什么日子呢? Nà zhōngwén péngyǒumen, jīntiān shì shénme rìzi ní?=
Kalau begitu, hari ini hari raya apa ya sahabat Mandarin?

20121225-155342.jpg

Ucapan selamat dalam bahasa Mandarin

3 June, 2012 dalam: Kalimat Umum, Level 3 oleh: ADeLia

20120603-122330.jpg

Hai sahabat Mandarin, hari ini ada teman yang ulang tahun ga? Atau ada yang sakit? Ayo kita doakan mereka…

*Selamat ulang tahun
祝你生日快乐: Zhù nǐ shēngrì kuàilè

*Semoga lekas sembuh
祝你早日康复: Zhù nǐ zǎorì kāngfù

*Semoga kamu bahagia
祝你幸福快乐: Zhù nǐ xìngfú kuàilè

*Semoga sukses
祝你成功: Zhù nǐ chénggōng

*Semoga kamu senang setiap hari
祝你天天开心: Zhù nǐ tiāntiān kāixīn

*semoga kamu cepat menemukan cinta sejati
祝你早日遇到你的真爱:Zhù nǐ zǎorì yù dào nǐ de zhēn ài

Selamat mendoakan orang tersayang ya sahabat mandarin….

Latihan Berbicara – memperkenalkan Diri

Picture 1

7 February, 2012 dalam: Latihan, Level 1 oleh: ADeLia

Hai…Sahabat Mandarin, sekarang kita berlatih berbicara yuk…

berikut adalah rekaman cara memperkenalkan diri dalam bahasa Mandarin

 

 

Nah…sahabat mandarin bisa coba merekam suara masing-masing, terkait hal apa saja, lalu silakan kirimkan ke admin@mandarin.web.id , bagi rekaman yang bagus, akan di share ke teman-teman mandarin.web.id dan di belajar bahasa Mandarin facebook fanpage… Selamat belajar dan Jiayou ~

Menanggapi Pujian dalam Bahasa Mandarin

Menanggapi Pujian dalam Bahasa Mandarin

3 February, 2012 dalam: Bahan Ajar, Catatan, Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 3 oleh: ADeLia

“Wah, kamu cantik sekali…”

                    “Terima kasih…”

Dalam hidup, kita pasti sesekali atau bahkan sering menerima pujian. Pujian bisa jadi satu cara yang baik untuk mendekati atau mengambil hati seseorang. Kebiasaan memuji orang lain  tidak hanya bisa menyenangkan hati orang lain, tapi juga bisa menambah pahala…hehe asal Pujiannya yang ikhlas ya…

Sahabat Mandarin, kalau kita menerima pujian atau sanjungan dalam bahasa Mandarin bagaimana membalasnya ya? Apakah cukup dengan Terima kasih?. Dalam bahasa Mandarin ada beberapa cara untuk menanggapi pujian dari orang lain, apa aja ya?? Hyuuuk kita kupas sama-sama….

  • 哪里哪里 Nǎlǐ nǎlǐ—— yap… kalimat ini cukup sering digunakan untuk menanggapi pujian, artinya “nggak lah” lebih kurang begitu ya…

contoh :

A : 你真漂亮呀~Nǐ zhēn piàoliang ya = Kamu cantik sekali

B : 哪里哪里, 你也很帅。。。Nǎlǐ nǎlǐ, nǐ yě hěn shuài…  = nggak lah, kamu juga ganteng

 

  • 过奖了Guòjiǎngle——Nah kalimat ini juga sering digunakan, arti kalimat ini secara harafiah adalah “terlalu memuji”, tapi penggunaannya sedikit lebih formil dari nali nali, bisa digunakan dalam situasi formal seperti bertemu dengan rekan kerja.

Contoh :

A : 这家公司就是因为有你这种人才才能发展得这么快呀-Zhè jiā gōngsī jiùshì yīnwèi yǒu nǐ zhè zhǒng réncái cáinéng fāzhǎn de zhème kuài ya = Perusahaan ini karena ada orang berbakat seperku anda baru bisa berkembang sangat cepat

B :您过奖了~Nín guòjiǎngle = anda terlalu memuji

 

  • 还差得很远呢 Hái chà de hěn yuǎn ne ——Kalimat ini paling sering digunakan kalau ada yang mengatakan bahasa asing yang kita kuasai sangat baik, artinya “masih kurang bagus”

contoh :

A : 你的中文说得很棒!Nǐ de zhōngwén shuō de hěn bàng! = Bahasa Mandarin kamu sangat bagus!

B : 还差得很远呢,还需要多多学习呢 Hái chà de hěn yuǎn ne, hái xūyào duōduō xuéxí ne = masih kurang bagus, masih harus belajar banyak

 

  •  没有啦 Méiyǒu la—— Nah kalau yang ini sering digunakan untuk berbagai situasi informal. Artinya”nggak kok”

contoh :

A : 你又买了新手机,真有钱阿~Nǐ yòu mǎile xīn shǒujī, zhēnyǒu qián ā = kamu beli HP lagi, kaya banget…

B : 没有啦-Méiyǒu la = nggak kok…

 

  • 你嘴巴还真甜啊!Nǐ zuǐba hái zhēn tián a!—— kalo kalimat ini artinya “mulutmu manis sekali”, kalimat ini saya sering dengar dari orang tua, biasanya kalau anak2 ada maunya terus muji-muji orang tua, jawabannya akan menggunakan kalimat ini.

contoh :

A : 奶奶,你怎么看起来这么年轻啊?Nǎinai, nǐ zěnme kàn qǐlái zhème niánqīng a?  = nenek kok kelihatannya makin muda ya?

B : 小丫头,嘴巴还真甜,说要奶奶为你做点好吃的是吧!Xiǎo yātou, zuǐba hái zhēn tián, shuō yào nǎinai wèi nǐ zuò diǎn hào chī de shì ba! = dasar anak ini, mulutmu manis sekali, kamu mau nenek masakin makanan enak apa?

Jadi sekarang kalau ada yang memuji sahabat Mandarin, sudah tau kan bagaimana menanggapinya. Selamat belajar Sahabat Mandarin, Semoga bermanfaat…

中文朋友们都很厉害~ Zhōngwén péngyǒumen dōu hěn lìhài〜

Sahabat Mandarin semuanya sangat LIHAI….heheh

Page 1 of 512345